Losing My Phone vs Getting a New One

Di suatu siang yang terik, setelah baru aja mendarat di Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar, Bali, gue menuju Pantai Nusa Dua untuk kemudian lanjut naik perahu ke Tanjung Benoa. Cuaca hari itu panas menyengat. Untung outfit gue udah sesuai, celana jogger dan kemeja tipis, jadi lumayan membantu mendinginkan diri.

Setelah sampai, bli-bli (read: abang-abang) di sana langsung nyambut rombongan gue dan nawarin berbagai paket olahraga air yang harganya masyaallah. Ada banana boat, parasailing, sampe sea walker yang menggoda banget. Tapi ya gue emang nggak nyiapin dana dan waktu buat itu, jadi diikhlaskan saja (?). Yang termurah itu banana boat, seharga 400 ribu rupiah untuk permainan selama 15 menit.

After put my sunglass on, gue ngeluarin sandal dari tas. Abis sayang kan, masa ke pantai pake flat shoes. Jongkoklah gue untuk mengambil sepatu dan memasukannya ke plastik. Perahu yang akan membawa gue ke tempat peternakan  penyu dan teman-temannya udah dateng. Gue gulung celana buat naik ke perahunya. Perahunya lumayan bagus, sih. Ada dua row kayak angkot gitu. Di tengahnya ada lantai kaca bening, jadi bisa ngeliat terumbu karang dan ikan-ikan. Disediain roti juga buat ngasih makan ikan.

Baru aja gue menikmati angin laut, gue tiba-tiba keinget hape gue. Tadi gue taruh di kantong celana, kan. Pas gue raba-raba, ternyata nggak ada. Periksa tas juga nggak ada. Anjir, paniklah gue. Lapor ke ibu gue, dia juga panik. Akhirnya abang-abang perahunya mau balik lagi ke tempat asal. Feeling gue sih jatuhnya pas gue lagi naik ke perahu. Secara kantung celana gue cetek banget. Bodohnya diriku.

Dicari di sekitar tempat mangkal perahu, nggak ada. Di tempat gue ganti sandal, nggak ada juga. Gue langsung lemes. Bener-bener nggak ada harapan lagi. Hapenya udah dua tahun sih, tapi masih mulus dan enak banget dipakenya. Mana gue baru beli pulsa dan ngisi paket pagi itu juga. Case baru gue juga masih seminggu umurnya. Hiks.

Perjalanan pun dilanjutkan. Di perahu itu gue merenung. Mana bisa gue menikmati liburan? Belum sampe dua jam landing, udah dapet musibah karena ketololan gue. Gue masih nggak percaya hape gue bisa hilang. Udah sering gue kelupaan taruh di mana tapi selalu balik lagi dan lagi. Ketika itu bener-bener hilang, gue nggak bereaksi apapun kecuali diam dan berpikir. Rasanya pengen nyilet-nyilet tangan sendiri saking pengennya gue balik ke menit-menit terakhir karena kejadiannya super singkat.

Di sisa hari itu gue jadi banyak diam. Emang pendiem sih. Perasaan gue udah lumayan membaik waktu nonton Tari Kecak di Uluwatu. Pas nyampe hotel, tiba-tiba gue nangis aja gitu. Gue jadi inget perjuangan gue mendapatkan hape itu. Halah. Itu hape “bener” pertama gue. Sebelumnya hape qwerty ala-ala doang. Gue nabung udah lumayan lama. Rasa laper karena ngejatah budget makan siang dan pegel-pegel karena lebih memilih jalan kaki daripada naik ojek waktu SMP kayaknya masih terasa. Should you leave this early, My Love?

Di airport waktu mau pulang ke Jakarta, hati gue nelangsa banget. Gini aja, nih? Gue bakal ninggalin hape gue di pulau lain? Gue check in sambil nangis. Masuk pesawat gue masih nangis. Biar nggak tengsin, gue tidur aja.

Sampe Jakarta gue dijemput bokap gue. Dia udah tau hape gue hilang dan responnya jauh lebih wolay dari gue. Malah ngeledekin jangan-jangan gue sengaja ngilangin biar ganti hape baru. Huh, yakali. Gue masih cinta sama Samsung Galaxy S4 gue. Gue jadi kepikiran juga, sih. Palingan ganti hapenya yang biasa soalnya belum nabung sama sekali.

Hari Selasa, gue kembali masuk sekolah. Pulangnya dijemput bokap gue lagi. Gue lebih suka duduk di belakang, kan, terus tiba-tiba dia bilang, “Awas, jangan duduk sembarangan, ada barang.” Tadinya gue nggak nyadar. Ada seonggok tas kain berwarna hitam. Tulisannya iBox. Udah geer aja, nih. For real? Secepat itu digantinya?!

Ternyata benar, saudara-saudara huahahahaha. iPhone 5S Silver. Di iBox Kota Kasablanka lagi diskon katanya, Beda 1,1 juta dari harga yang gue tanya di Bali. Tapi belum ada nomornya. Gue masih usahaain nomor yang lama, soalnya udah banyak banget kontaknya dan gue nggak mau ganti ID Line yang udah pas banget, yaitu nama gue sendiri tanpa tambahan huruf atau angka. Biar kesannya official gitu.

Gue sangat bersyukur dengan hape baru itu. Tapi keseharian dan alam bawah sadar gue belum paham sepenuhnya kalo Si S4 udah nggak ada. Masih aja kepikiran soal file-file dan catatan gue di memonya. Diambil secara paksa pas lagi sayang-sayangnya memang nggak enak. Gue harus melupakan dia, dan mulai mencoba mencintai Si 5S.

Advertisements

From SEVENTEEN, with LOVE

Waktu malam penutupan Class Meeting 2015, biasanya kan ada apres, ya. Nah, angkatan 5 itu buat apresnya seangkatan. Yang cewek ada yang cover Like Ooh Ah-nya Twice. Yang cowok pada cover Mansae-nya Seventeen. Pas mereka mau tampil temen-temen gue langsung pada heboh siap fangirling gitu kan. Tapi gue biasa aja. Gue tau Seventeen. In fact, gue udah suka sejak 2012, dari mereka belum debut.

Pas mereka tampil itu semua pada nyanyi. Nah, gue nggak tau sama sekali lagunya. Pas denger judulnya, gue malah inget Daehan, Minguk, Mansenya Song Ilkook. Tapi seru juga, sih penampilannya. Pake ada teasernya segala. Dan mereka tampilnya itu keren banget, loh! Gue sampe bingung mereka kapan latihannya.

Setelah penampilan mereka itu, di rumah gue nonton MV Mansae yang asli. Langsunglah pikiran gue dibanjiri kenangan. Halah. Gue ngeliat lagi Hansol, Wonwoo, Seokmin, Mingyu. AAA. Rasanya kayak ngeliat temen lama. Padahal mereka bukan siapa-siapa gue.

Jadi, Pledis Entertainment, manajemen Seventeen ini, udah bikin acara tentang kegiatan mereka saat masih trainee gitu. Dulu gue suka banget nontonnya. Taunya sih dari temen-temen SMP gue. Kita sibuk milih bias waktu itu. Dan gue menjatuhkan pilihan pada seorang Jeon Wonwoo. Entah kenapa liatnya kawaii aja, sih.

Oh iya, kita punya fanbase, loh! Kita mikirnya kan Seventeen belum banyak yang kenal, jadi pengen bikin yang pertama gitu di Indonesia, yang akhirnya failed karena ternyata udah ada HAHA. Gue jadi Admin Woo. Awalnya gue pengen pake nama yang ada Hansol-Hansolnya gitu, karena gue jadi suka banget sama dia. Maaf ya Wonwoo, kamu aku selingkuhin. Fanbasenya itu bikin picspam, info, factsama live report kalo ada acara.

Acaranya kalo dipikir-pikir biasa banget. Anak-anak itu latihan dance sama nyanyi di ruangan berlantai kayu bercat hijau dan kadang ada kacanya, haha. Mereka ya latihan aja terus kita nontonin. Seventeen udah banyak mengalami bongkar pasang member, nih. Dari kedatangan Jisoo sampai kehilangan Samuel. Waktu Samuel udah nggak ada di acara lagi gue sama temen gue sedih banget asli. Dia member paling muda. Kelahiran tahun 2002 coba. Karena kemudaan juga katanya mamanya belum ngizinin dia.

Acaranya rutin, tuh, diadainnya. Terus ada live chat sesama penonton juga. Jadi lucu, deh, fangirl-fangirl dari seluruh dunia (mostly Asia, sih) berinteraksi di situ. Yang paling seru, ada sesi live chat sama membernya. Jadi, anggota Seventeen ini mengambil alih twitter Pledis Seventeen, dan mereka akan membalas langsung mention dari para penggemar. Uh, denger itu gue langsung semangat banget. Gue jadi mau buru-buru pulang sekolah rasanya. Akhirnya gue dan temen-temen gue main ke rumah salah satu temen dan langsung buka twitter di sana.

Seperti bisa diduga, pada kesempatan pertama kita belum berhasil hahaha. Padahal usahanya udah maksimal banget, huh. Udah nyepam banyak banget pake banyak akun. Tentunya dengan bantuan Google Translate tercinta. Setelah yang pertama itu, mereka ngadain lagi di hari-hari berikutnya. Akhirnya temen gue ada yang dibales! Dibalesnya sama Junhui yang mana bukan member favorit dia, tapi tetep seneng juga, sih. Dibalesnya juga gaje banget cuma ‘Korean, Korean, Korean, fighting!’.

TAPI SEKARANG JUNHUI GANTENG OMG. Ngeliat penampilan mereka, ugh, keren banget banget banget! Banyak yang ganti stage name juga jadi awalnya gue agak bingung. Seungcheol jadi S.COUPS, Seokmin jadi Deokyeom atau DK (yang ini sumpah gaje banget), Hansol pake nama tengahnya alias Vernon. Tapi Wonwoo enggak, dong.

Junhui dengan stage name Jun, tampil beda banget. Dulu tuh dia rambutnya panjang gitu. Agak-agak mirip Heechul. Ya sekarang juga masih mirip sih. Tapi rambutnya itu plays a big role. Waktu rambutnya panjang dia kayak kokoh-kokoh jualan pulsa. Apalagi dulu sukanya pake jeans hitam sama kaus oblong. Sekarang DUH. Rambutnya dibikin ala-ala prince gitu, jadi ganteng banget. Pokoknya nggak rela kalo rambutnya harus ganti lagi.

Tapi Wonwoo masih jadi main bias gue, kok. Entah kenapa, kalo ngeliat dia bawaannya sayang (?). Mukanya lovable banget. Suaranya juga AAA.

Bumped into Seventeen (for the second time), membuat gue jadi mengingat masa-masa kelas 8 dulu. Kalo dipikir-pikir, kelas 8 itu gabut parah. Sampe sempet-sempetnya buat fanbase. Dan pertemanan gue di SMP itu terbaik pas kelas 8. Karena heboh dan sangat Korea. Duh, gue jadi kangen berat, nih. Sukses terus ya, admin-adminku. Meskipun @PLEDIS17IND udah nggak aktif lagi, semoga jiwa fangirl kalian masih tetap ada LOL.

Huru-Hara TOCSIX

“Express your element, create your own magic.”

Yak, begitulah tagline event paling keren abad ini, Thamrin Olympiad and Cup VI a.k.a TOCSIX! Meskipun TOC baru aja berakhir, hype nya masih berasa banget. Gue jadi pengen ceritain gimana keseruannya wkwk.

Di TOC ini, gue berada di bidang Liaison Officer atau disingkat LO. Kerjanya itu nyari peserta. Tahun lalu gue udah jadi LO, tadinya sih gue nggak pengen lagi. Capek tau. Kerjanya H-. Setiap hari dikejar-kejar target. Gabisa tidur tenang. Tadinya gue ditawarin Acara Short Movie sama Closing, tapi gue jadi nggak enak sama Dhea dia nangis-nangis narikin orang buat jadi LO hehe.

Di LO ini, gue megang lomba Saman buat SMA. Gue kira gampang-gampang aja nih nyari pesertanya soalnya setiap sekolah mayoritas punya ekskul saman, kan. Oh well gue salah banget! Awal broadcast TOC disebar emang banyak yang nanya-nanya gue. Terus pas gue follow up, “maaf kak, kita gajadi ikut.” Kan nyebelin?!

Parahnya lagi, sampe Januari 2016, peserta gue masih nol alias belum ada yang bayar sama sekali! Gue panik, woy! Sementara Drama udah over kuota, gue masih kering. Akhirnya peserta pertama gue datang melalui malaikat bernama Acha dari SMAN 38 Jakarta. Sumpah. Seneng banget. Setelah itu barulah peserta-peserta mulai membayar. Sampai hari H gue berhasil mendapatkan 21 tim saman. Walaupun ada 1 yang nggak jadi ikut (tapi udah bayar dong) dan 1 yang telat dateng jadi diblack list (so sorry).

Pas tanggal 25 Februari, gue capek maksimal. Step counter di HP gue menunjukkan angka 13.000 haha. Kurus deh gue. Gue bolak-balik lantai tiga-audit-bunderan-parkiran sambil megang HT. Ada tim yang lama banget dandannya. Ada tim yang telat karena kejebak banjir. Akhirnya harus ngatur rundown lagi. Pusing banget.

Setelah pengumuman pemenang gue merasa legaaa banget. Beban di kepala gue seakan terangkat gitu. No more pusing-pusing karena diPHPin peserta. No more rapat. Finally gue bisa ngambis lagi hehehe.

Lomba di TOC ditutup dengan final futsal antara SMAN 51 Jakarta melawan SMAN 1 Cikarang Utara dan dimenangkan oleh SMAN 51. Sayang banget. Padahal gue dukung 1 Cikarang soalnya ada pemain nomor 7 yang cakep. #eh

TOC boleh selesai, tapi masih ada closing dong! Closing kali ini dinubuatkan bakalan seru banget! Secara guest starnya aja JKT48! Ditambah Vierratale sama DJ Putri Danizar. Tiketnya murah banget lagi. Presalenya cuma 35 ribu yaampun lo ke teater aja udah 50 ribu kan?! Mangkanya ayo dateng dan ramein!

Nih, gue sekalian nyebar BC nya ya! See you at 12 March 2016!

COME AND JOIN!

The closing ceremony of
Thamrin Olympiad and Cup VI!
🎶🎹🎻🎸🎤🎺🎷

With our special Guest Stars:
👉 JKT 48
👉 Vierratale
👉 Putri Danizar

Featuring:
👉 High gain
👉 Diva
👉 Zoea

And special mc by “YOURS MC”

📆DATE:
March 12th, 2016

🏤LOCATION:
SMANU M.H. Thamrin
Jl. Bambu Wulung, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia
PRESALE: 35k
OTS: 40k
VIP: 200k

Cp:
Nadia
📲 0878 88190590
(Line) nkdiaa
Rahma
📲 085714915670
(Line) rahmamelanie
Sista
📲 081280977558
(Line) prasista.a.k

More infos:
❓Ask.fm: Thamrinolymcup
🐤Twitter: @ThamrinOlymCup1455970479323

Midnight Ramblings

Hai~

Gue mulai nulis post ini jam 22.40. Selama liburan ini jam biologis gue kacau. Tidur jam 1 lewat, bangun jam 12 siang. Mau balikin ke normal susah lagi.

Sebenernya nggak ada tema khusus sih di tulisan ini. Cuma ingin berkontemplasi karena lusa gue balik asrama HAHAHA. Agak-agak sedih gimana gitu. Liburan sebulan udah pewe banget di rumah. Belom lagi kamar baru gue yang abis pindahan ala kadarnya, masih chaotic banget. Gue gak tau mau mulai ngerapiin dari mana. Huft.

Tapi tetep harus semangat, ya. Apalagi gue bakal punya adik kelas. Dalam kepercayaan gue: Life gets better when you have juniors. Rasanya sebagai refreshing aja gitu ngeliat dedek-dedek yang masih polos menantikan kehidupan super kejam di MHT.

Masa-masa liburan ini gue jadi lebih berpikir tentang kuliah. Ceilah. Karena momennya pas pengumuman SBMPTN dan ujian-ujian mandiri. Gue seneng ngeliat kakak-kakak kelas gue pada dapet univ yang keren dan mereka cita-citakan. Oh iya, kakaknya temen gue berhasil dapet FKUI. Dari awal masuk SMA dia udah ngincer itu. Tapi sayangnya dia belum berhasil di SNMPTN. Dia belajar gila-gilaan. Katanya, PTN atau mati. Dia bilang kalo nggak dapet UI atau Unair dia mau ngulang tahun depan dan Alhamdulillah dapet. Rasanya seneng banget seseorang berhasil meraih impiannya yang diidam-idamkan dari dulu.

Gue juga pengen FKUI. Mungkin alasan gue nggak sekeren orang-orang yang bercita-cita mengabdi pada Nusa dan Bangsa, menjadi seven star doctor tanpa pamrih. Malah kesannya gue agak materialistis. Gue pengen menjadi tenaga medis profesional yang diupah secara profesional pula. Entah niat gue bener apa enggak begini. Tapi gue sambil ngelatih kepekaan dan kepedulian terhadap sesama, kok. I won’t be ‘this’ person yang egois lagi. I’m working on it.

Gue suka ngeliat kakak-kakak kelas (or random people on ask.fm) pap hasil ujian mereka. Gue jadi ngebayangin kalo itu gue. Gue coba buka situs pengumumannya dan masukkin nomor peserta dan tanggal lahir orang yang keterima FKUI (HEHEHE). Gue berharap tulisan yang sama bisa gue liat dua tahun lagi.

Tapi gue jadi sering takut begini. Seumur hidup kalo dipikir-pikir gue nggak pernah ngalamin kegagalan yang cukup besar, yang signifikan sama hidup gue selanjutnya. Gue takut gagal. Apalagi orangtua gue udah merestui cita-cita gue dari yang tadinya mengarahkan gue ke Teknik. Sumpah, orangtua itu ketakutan terbesar gue. Gue takut ngecewain mereka. Gue nggak mau ngulang. Gue pengen mereka dengan bangga menjawab ketika ada yang nanya anaknya kuliah di mana (ini salah sih, but still kalo ini bisa membawa senyum ke wajah ortu gue?).

Emang masih dua tahun lagi. Mungkin lo berpikir, “Lebay amat lo, masih lama juga.” Iya sih, tapi time flies. Dan ini FKUI, Bung! Fakultas nomor satu di universitas terbaik di Indonesia. Peminat Open House-nya aja membludak. Gue perhatiin kakak kelas gue yang keterima pernah ikut OSP Biologi. Doain ya gue jadi mewakili sekolah gue dalam perjalanan OSN 2016. Syukur-syukur bisa ke Palembang tahun depan. Gue emang nggak jenius seperti banyak temen gue. Tapi gue sadari gue orang yang cukup bertekad kalo udah punya keinginan.

Maaf ya jadi curhat gini huehehe. Semoga kita semua diberi kemudahan dalam menimba ilmu dan mewujudkan cita, juga memberikan manfaat ke orang banyak. Amin.

NMGBC 2015: Feel the Beat

Haloo

Hari ini gue pengen cerita tentang lomba yang diadakan FKUI tanggal 8-10 Mei 2015 lalu. National Medical and General Biology Competition atau biasa disingkat NMGBC. Tahun ini temanya Cardio dengan slogan feel the beat.

Awalnya gue dapet info ini dari grup angkatan. Terus gue daftar sendiri aja. Pikir gue paling banyak, nih, yang ikut. Tahun lalu aja banyak banget. Taunya seangkatan cuma berdua. Gue sama Fatimah doang. Kelas 11 sih ada Kak Aby. Kelas 11 banyak yang nggak ikut karena lagi ada ujian Cambridge.

Gue daftar lombanya dari awal Maret. Udah bayar, terus lupa aja tuh, sampe seminggu sebelum lomba. Sempet ragu juga sih. Pengen batalin aja gitu. Iseng banget kayaknya lomba berdua doang. Tapi berhubung sayang udah bayar 200 ribu, ya sudahlah ikut aja. Walau tanpa persiapan apapun. Gue nggak belajar sama sekali karena pas liat silabusnya, gils banyak banget. Nggak bakal kekejar semua. Jadi ya udah ikut buat nambah pengalaman aja. Apalagi setelah lomba katanya ada tur keliling FKUI. Lumayan.

Waktu tanggal 8 atau hari Jumat, gue nggak bisa dateng karena masih sekolah. Kata kakak LO nya juga nggak papa sih nggak dateng karena cuma pembukaan dan technical meeting. Oh iya, ada satu panitia dari FKUI yang jadi LO buat sekitar 12 orang. Waktu itu gue kelompok B4 dengan LO Kak Anne.

Akhirnya tibalah hari Sabtu, gue keluar MHT jam 06.45 masuk gerbang UI pas 07.00. Cepet banget. Depok lagi lancar hehe. Setelah masuk, kita nyari-nyari gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK). Gedung itu gedung buat fakultas ilmu-ilmu kesehatan kayak kedokteran, keperawatan, gizi, farmasi, dan lainnya. Sebelumnya FK emabg di Salemba tapi awal 2013 pindah ke Depok. Jadi, masa pre-klinik selama 3-3,5 tahun dijalani di sini.

Gedung RIK ini kesannya modern. Terdiri dari empat lantai dan ada tanaman-tanaman gantungnya. Pas baru dateng gue sama Fatimah amazed gitu hahaha. Kita masuk terus naik ke lantai 3. Di situ tempat pendaftaran ulang dan pembagian kartu peserta.

Di kartu peserta ada username sama password Scele. Pas awal denger gue kira ada hubungannya sama skeleton LOL. Ternyata Scele itu website anak UI buat ngerjain tugas online. Jadi lombanya kita pake komputer gitu, bukan LJK.

Waktu nyari-nyari kelompok, gue ketemu kakak LO yang ganteng banget. Lebih ganteng dari Siwon. Trust me. Gue sampe bengong liatnya. Kebetulan aja gue tanya dia kelompoknya Kak Anne dimana. Tapi sampe sekarang gue nggak tau namanya siapa. Plus dia FKUI angkatan berapa 😦

Gue dapet kelompok B, berarti gue lomba di kloter kedua, jam 10.00 – 12.00. Sebelumnya kita dikasih tontonan KKD (Kemampuan Klinik Dasar) gitu. Kakak moderatornya ramah banget. Dan materinya sangat berbobot. Kayaknya gue belajar jauh lebih banyak di situ ketimbang di kelas.

Jam 10.00 kita jalan bareng-bareng ke tempat ujian. Di depan pintunya di kasih nomor komputernya gitu. Yang ngasih nomor Kak Eldest, kakak MHT03. Dia nyapa gue terus semangatin gue.

Soalnya ada 120. Benar +4, tidak diisi 0, salah -1. Soalnya nggak horor banget sih. Level OSK deh. Gue isi 90 an doang daripada nilainya minus. Gue nggak berharap sama sekali sama hasilnya.

Setelah ngerjain soal, kita istirahat makan dan salat. Jam satu, kita mulai turnya. Kirain gue tuh turnya cuma keliling-keliling ruangan gitu. Ternyata nggak. Pertama kita masuk ke ruangan kayak ruang praktek dokter gitu. Kita belajar tentang EKG. Gimana cara masangnya ke badan, sama penjelasan sedikit tentang grafiknya.

Terus kita ke tempat penyimpanan-penyimpanan organ. Organnya asli, loh. Ditaruh di wadah kaca berisi air. Ada organ yang sehat sama yang kena penyakit-penyakit. Ada jantung, ginjal, usus, paru-paru, dan lain-lain. Kakak yang jelasinnya semangat banget dan keliatan banget pinternya.

Setelah itu, kita jalan menyusuri danau sampe ke perpustakaan. Di sepanjang jalan itu, gue banyak nanya ke Kak Anne tentang cara masuknya. Dia FKUI Int jadi masuknya lewat Simak. Dulunya dia SMA di Binus terus bimbel di GO. Tapi kata dia banyak temen-temennya yang bimbel di BTA.

Dari perpus, kita naik Bikun alias Bis Kuning. Barulah kita keliling UI secara keseluruhan. Luasnya sekitar 300 hektar. Terus kita turun di RIK lagi. Penutupan, terus pulang deh.

Nah, agenda besoknya itu pengumuman siapa yang lolos ke semifinal dan langsung lomba lagi. Secara gue nggak belajar sama sekali, ya nggak mungkinlah gue masuk. Jadi hari Minggu itu gue nggak ke sana lagi.

Sekitar jam 9, Kak Eldest ngeLine gue. Katanya gue lolos. Gue terdiam sebentar. Gue nggak tau mau ngomong apa. Dari segitu banyak peserta ternyata gue bisa masuk 60 besar. Mulai merasa menyesalah gue. Tapi gue kan belum belajar, sementara semifinalnya itu praktikum. Ya daripada malu-maluin, mendingan gue nggak ikut, kan?

Ya sudah. Akhirnya rangkaian acara NMGBC 2015 selesai dan Kelvin Suriyaputra dari SMAK 3 dinobatkan sebagai juara pertama. You don’t say banget. Gold medalist IBO, woy! Hebatnya Kak Aby juara dua! Keren banget! Semoga dia dan Haryo bisa bawa pulang medali OSN atas nama Biologi setelah sekian tahun puasa.

Yakin Mau Masuk MHT?

PPDB SMANU M.H. Thamrin sudah dibukaa! Nggak nyangka yang daftar jauh lebih banyak dari tahun gue kemarin. Harusnya sih tanggal 3 Maret udah ditutup. Tapi karena suatu hal, pendaftarannya diperpanjang. Nah, buat yang udah lolos seleksi berkas, bersiaplah menghadapi tes TPA yang super sekali HAHAHA. Ya kali aja ada di antara kalian yang baca post ini. Hehehe… Gue mau kasih beberapa tips. Nggak dijamin juga sih kalian bakal lolos secara yang diambil cuma 80 orang. Tapi hal-hal di bawah ini yang gue pelajarin dari tes kemarin and I’ll definitely do this kalo gue tau sesusah apa soalnya.

Jadi, soal Tes Potensi Akademik itu ada 4 pelajaran, Matematika, Fisika, Biologi, dan Bahasa Inggris. Tahun kemarin tesnya dimulai dari pukul 8 pagi sampe pukul 3 sore. Capek banget ya? Huft…

Untuk matematika, waspadalah, soalnya JAUH beda dari soal-soal UN. Apalagi UAS atau UTS. Waktu tes gue bingung ini soal apaan. Tapi setelah masuk dan ketemu lagi soal-soal macam begitu, gue jadi tau ini tuh banyak ngambil dari soal Singapore Mathematics Olympiad yang kategori Junior. Lo nggak butuh rumus buat ngerjain itu semua. Tapi kemampuan matematika dasar lo yang bakal diuji. Yang niat, coba deh cari soalnya di Google. Terus pelajarin selama masih ada waktu.

Buat fisika, sebenernya nggak terlalu bikin pusing. Susah sih, tapi masih bisa dicari jawabannya. Masih materi SMP, kok. Tapi, minta aja sama guru les atau di sekolah soal-soal fisika SMP yang lebih menantang hehe. Yah, macam soal MGMP gitulah.

Nah, biologi ini. Soalnya ada 50. Dan materinya yang pasti asing banget bagi kalian, DNA! Wuhuu! Jujur aja gue blank sama sekali ngerjain bio. Gue nggak habis pikir, tes masuk SMA soalnya kelas 12? Tapi kalo lo mau, pelajarin Substansi Genetika, Sintesis Protein, Reproduksi Sel, dan Fenotipe Rekombinan. Semuanya ada di buku kelas 12.

Kalo bahasa inggris, biasa sih soalnya. Ada grammar macem-macem, vocab, sama reading. Menurut gue ini tes tergampang diantara keempat pelajaran itu. Cuma ya harus teliti. Text nya panjang, terus vocabnya juga banyak yang asing jadi banyak-banyak baca text berbahasa inggris dari sekarang.

Oke deh. Segitu aja. Semoga membantu ya. Yang jelas, faktor luck berpengaruh juga sih, hehehe. You need tons of luck. Banyak berdoa. Kalau memang jalan lo di MHT, dia nggak bakal kemana-mana kok 😀

Zenius, The Real Revolutioner

Hai!
Disini siapa sih yang belum tau website kece bernama Zenius.net? Kalo lo belum tau, mending langsung buka deh sekarang. Dan siap-siap tercengang. Dan siap-siaplah berpikir dengan menggunakan otak yang “baru”.

Kenapa gue bisa bilang begini? Karena gue sendiri “korbannya”. Pertama-tama, gue ceritain dulu deh awal perkenalan gue sama Zenius.

Jadi, waktu gue kelas 8, gue lagi naksir sama kakak kelas gue. Gue jadi sering banget ngestalk Twitter doi. Nah, suatu saat dia nge-RT tweet dari akun @zeniuseducation. Penasaran, langsung gue buka websitenya. Ternyata Zenius itu tempat belajar online. Gue coba video trialnya. Eh, ternyata enak dan jelas banget. Langsung deh gue daftar. Tapi gue baru jadi premium member pas kelas 9.

Dari situ, gue makin sering buka Zenius. Zenius udah kayak makanan sehari-hari gue. Dan jelaslah, nilai try out gue selalu berada di peringkat atas karena Zenius punya metode belajar yang asyik banget. Doi nggak bakal nyuruh-nyuruh lo ngafalin tipe soal. Karena kalo soalnya dibolak-balik dikit bingung deh lo. Justru dia menekankan ke konsep. Yang mana kalo konsep lo udah kuat, ditambah latihan-latihan soal yang terarah, dijamin, UN doang sih lewat.

Sekarang, karena gue sekolah di SMANU M. H. Thamrin yang pengajarannya astaga-ngebut-bener, gue makin sering belajar di Zenius. Karena gue bisa ngulang-ngulang materi yang belum gue ngerti. Waktunya terserah elo. Mau videonya diulang ratusan kali juga nggak masalah.

Di Zenius, lo bakal kenalan sama tutor-tutor kece. Mereka ini, selain emang suaranya merdu dan good looking (ehem), juga dewa-dewa abis. Mereka lulusan dari universitas-universitas terbaik di Indonesia dan punya passion mengajar yang tinggi. Mereka juga mengajar sesuai dengan ciri khas Zenius, concept is the key! Pokoknya mereka bakal bikin lo lupa waktu belajar saking asyiknya. Nah, keren nggak tuh?

Dan nggak cuma itu. Lo bolehlah jago di pelajaran, nilai Matematika lo 9, tapi buta sama isu-isu dunia? No way! Zenius bukan cuma itu. Dia juga bakal ngerubah paradigma berpikir lo, juga menjadikan lo lebih kritis. Zenius punya blog yang sering banget gue buka buat ngecek ada artikel baru apa enggak.

Di blog itu, Zenius bakal mengupas film dari segi sains (misalnya interstellar), kilas balik sejarah Indonesia dan dunia (kayak peristiwa 30 September), mengulas masalah-masalah sosial (senioritas, dll), dan masih banyak lainnya yang bakal definitely blow your mind.
Jadi, elo-elo yang belom jadi member di Zenius.net, mending daftar sekarang deh. Karena keuntungannya beyond your expectation. Dan jangan lupa pantengin selalu blog Zenius karena artikelnya nggak pernah mengecewakan.

See ya~

TOC V: Reveal the Pharaoh’s Secret!

Haii

Kali ini gue pengen promosiin event terseru sejagad. Yap, apalagi kalo bukan THAMRIN OLYMPIAD AND CUP V a.k.a TOC V! Yeayy~!

TOC itu apa sih? Nih definisinya:

TENTANG THAMRIN OLYMPIAD AND CUP V

  • Adalah program perlombaan tahunan yang diadakan SMANU MH Thamrin dalam rangka mengasah kemampuan generasi muda penerus bangsa dalam bidang akademik dan non-akademik.
  • Perlombaan yang diadakan terdiri dari tiga bidang, yaitu sains, olahraga, dan seni, dengan tema kali ini adalah Egyptian. Dimana lomba ini diperuntukan para generasi muda sebagai penerus bangsa, diharapkan dengan lomba ini mereka dapat mengisi kemerdekaan dengan berprestasi dan menyalurkan bakat mereka.
  • Ajang untuk mempererat tali persaudaraan diantara para siswa se-Jadebotabek dan nasional.
  • Mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas para generasi muda yang berdaya saing tinggi, sportif, kreatif, dan menjauhkan mereka dari kegiatan negatif seperti tawuran dan narkoba.

Nah itu penjelasan “resmi”-nya hehehe. Singkatnya, TOC itu acara dengan banyak lomba yang seru banget yang dikelola sama semua anak kelas X dan XI. Jadi, gaada alasan gabut. Semua adalah panitia dan setiap peran itu penting dan berpengaruh besar buat kesuksesan TOC.

Oh, ya! TOC juga ada closingnya loh! Buat TOC V kali ini, closing akan diadakan di luar sekolah, tepatnya di Gedung Kautaman, di sebelah Masjid At-Tin. Pastinya bakal ada artis-artis hacep, dong. Siapa aja yang diundang? Tunggu pengumuman selanjutnya! Pantengin aja terus www.thamrinolymcup.com dan ask.fm/thamrinolymcup.

Ada lomba apa aja? Gue kasih broadcastnya sekalian, ya!

SMA NEGERI UNGGULAN MH THAMRIN proudly presents:

THAMRIN OLYMPIAD AND CUP V
“Reveal The Pharaoh’s Secret”

Join us to the world of mystery, and explore our pyramid! 
Date of Exploration: February 12th – February 18th 2015.

We have some treasure for you to seek!

1. MaQC/Math Quiz Competition (SMP)
 Nida: 081219450909 / Nida- / 79BD5583

2. SQuC/Science Quiz Competition (SMP)
 Rayhan: 087781788900 / 75D09675

3. Robotik (SD, SMP & SMA)
 Alda: 085692330362 / aldakurniariski / 7D2BA51C

4. English Debate (SMA)
 Elsha: 081240997816 / elshast / 75B03D28

5. DoTA (SMA)
 Nandit: 085679590839 / 79FD35C5 / Nanditya.b

6. Basketball (SMA)
Basket Putra
 Daffa: 081310801725 /daffa25_
Basket Putri
 Miranda: 081212213014 / mirandacc

7. Ratoeh Jaroe (SMP & SMA)
Ratoeh Jaroe (SMA)
 Mahira: 08170861200 / annisamahira / 75D06E17
Ratoeh Jaroe (SMP)
 Dhea: 08179800904 / sheilaclaudheas / 74865F36

8. Band
 Rifa: 089621000547 / rifadewi / 76AF147E

9. Paskibra (SMP)
 Aisha: 081293651494 / 7DC7FCC7 / Aishaptr21

10. Drama (SMA)
 Nirmala: 087889214890 / Nierrow / 51E02B5E

11. Rally Photo (SMP & SMA)
 Audrey: 081213255325 / audreypv

12. Short Movie (SMP & SMA)
 Fia: 081382209125 / 75B1BA74
Solve our codes to find the amazing treasure!
Time to see what you can do!

For more infos:
King Jonathan : 081295160123 / 7584f914 / Line: jonbry8
Queen Rizka : 081210697837 / 749127D7 /Line: rizkewls
Queen Azizah : 08892301250 / 75582FFD / Line: azizahrh
REGISTRATION : December 8th – February 7th
TWITTER: ‎@ThamrinOlymCup
INSTAGRAM : thamrinolympiadcup
ASK.FM: ThamrinOlymCup
WEBSITE: available soon
EMAIL : thamrinolympiadcup@yahoo.com

REGISTER NOW!

Ayoo jangan ragu buat kontak atau sekedar tanya-tanya mereka! LO-nya dijamin ramah-ramah, kok!

Di atas itu trailer TOC IV tahun lalu. Buat tahun ini bakalan menyusul. Kita tunggu aja hasil kerja dari anak-anak dokum.

TOC

How it Feels to be 15

Ini malam terakhir gue menyandang status sebagai manusia berusia 15 tahun. Tomorrow is my birthday and I’ll oficially become 16 years old young!

Masih dalam suasana UAS, gue mau napak tilas sedikit tentang setahun ini. Apa aja yang my 15 years old self udah lakuin dan perkembangan apa aja yang udah gue alamin. Sebenernya nggak banyak sih. Being fifteen is exciting, I have to admit that. Ulang tahun terakhir di SMP was so awful. Gue nggak akan cerita detailnya tapi fokusin sama apa yang gue pelajari along the year.

1.) Rainbow DOES come after the storm. Well at least in my case. But I’m sure yours too. Setahun ini gue mengalami masa-masa berat yang bikin pengen langsung menyerah. Tapi gue menyadari ambisi gue dan ya sayang aja kalau menyerah secepat itu. Percayalah, setiap hal-hal kecil yang lo lakuin counts dan masa suram nggak akan berlangsung lama.

2.) Being nice won’t hurt you. Di MHT, gue diajarin untuk jadi orang superramah yang selalu nyapa tiap ketemu orang. Hahaha. Ini hal baru buat gue. Gue yang tadinya cuek sama orang jadi mulai ramah lah hehe. Dan senengnya, kalau kita nyapa mereka juga nyapa balik dong. Itulah enaknya, kita berasa diperhatiin.

3.) People won’t bite. Gue takut menghadapi orang. Gue selalu khawatir akan apa yang orang pikir tentang gue. Tapi akhir-akhir ini perasaan itu seakan fade away. Gue emang dari dulu pengen berubah. Dan saat memasuki tempat baru (SMA) inilah saatnya. Gue ngerasa lebih pede dan lebih nyaman juga berinteraksi sama orang.

Yah, segitu aja sih. Berhubung udah jam setengah 12 dan besok ada ulangan sejarah. BTW, ultah gue sama kayak WS, loh! And tomorrow’s gonna be a BIG day! Yayy

#TLPINA: Let’s Get Lost!

Hari Sabtu, tanggal 06 September gue ke Lapangan D Senayan buat nonton konser EXO! Yeay~! Udah hampir dua tahun gue nggak ketemu mereka. Walaupun udah nggak lengkap lagi, gue tetep excited. Semua sectionnya festival. Dan gue pilih Premium F. Awalnya nggak tau mau nonton sama siapa. Jadi, ya sudahlah gue nonton sendiri. Tapi pas keluar toilet gue ketemu Raisa (temen SMP gue) sama tantenya. Jadilah gue nonton bareng mereka. Ya daripada gue garing teriak-teriak sendirian?

Overall, konsernya keren BANGET. Selama 2,5 jam, seluruh member EXO ngasih penampilan terbaik mereka. Mereka total banget, loh. Gue sampe terharu. Gerimis sama sekali nggak menghalangi aksi mereka (dan para fansnya, ehm). Mereka juga ngasih fanservice yang banyak. And I can see their faces CLEARLY! Omg apa perlu dijelaskan lagi? Mereka aktif keliling panggung.

Gue merinding kalo inget gue eyecontact sama D.O. Jadi ceritanya, D.O jalan ke section gue dan panggung tempat dia berdiri meninggi. Gue spontan menjerit. Gue lompat-lompat heboh (note: pake 2 kaki) dan goyang-goyangin light stick serta glowing bracelet gue. I can feel his eyes on mine OMG OMG OMG. Mungkin guelah penonton paling rame di section itu jadi dia secara refleks liat. Hahahah, so Kyungsoo oppa, do you remember that freaky girl in the pink shirt?

Gue nggak ngambil foto selama konser. Let the others did deh gue tinggal nikmatin konsernya. Gue cuma ngambil foto panggungnya sebelum dan sesudah konser. Hehehe. Enjoy!

Before concert

glowing~after concert