Month: January 2017

[REVIEW] Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++

Hi, guys! I’m back for another review! 💞💞

Produk yang mau aku review kali ini adalah step terakhir dari rangkaian perawatan kulit, yaitu sunscreen. Awalnya aku tuh semacam ngeyel gitu, nyepelein pentingnya pakai sunscreen. Secara aku hidupnya di dalam ruangan terus, hehe. Tapi, setelah baca banyak artikel, aku sadar kalau pakai sunscreen itu hukumnya wajib! Walaupun kamu berada di dalam ruangan, sinar matahari bisa tembus melalui kaca jendela. Intinya, mau panas atau mendung, wajib pakai sunscreen!

Kenapa? Karena paparan sinar matahari berlebih itu bisa menyebabkan kanker kulit. Juga bisa menimbulkan banyak dark spot dan membuat kulit kamu mengalami penuan dini. Nggak mau kan, umur masih dua puluhan tapi udah banyak bintik-bintik dan kerutan di daerah mata? Dan juga, karena kiblat aku Korean/Asian Beauty, mereka mengedepankan banget kulit sehat yang terlindungi. Jadi, nggak ada itu ceritanya kulit tanned karena malas pakai sunscreen atau malah sengaja pakai tanning machine. Hii. I know beauty is a choice. Mau kulit fair atau tan jelas pilihan masing-masing. Yang aku tekankan di sini adalah pentingnya menjaga kulit dari bahaya sinar matahari.

Okedeh. Terus, gimana caranya memilih sunscreen yang benar-benar bisa melindungi kulit kamu? Dari banyaknya varian di pasar mungkin akan membingungkan. Tetapi kita harus telaah dulu apa yang kita inginkan dari sunscreen itu. Ada dua macam sunscreen, yaitu physical dan chemical. Bedanya dari segi perlindungan, physical sunscreen ini melindungi kulit secara fisik #yaiyala. Maksudnya, akan ada seperti tameng gitu yang melapisi kulit kamu. Karena fisik, sunscreen ini biasanya agak tacky dan ada sedikit white cast-nya. Sunscreen jenis ini cocok untuk kulit yang sensitif karena tidak secara langsung bereaksi dengan kulit. Gimana caranya kita tahu kalau itu sunscreen fisika? Lihat ingredient list-nya, kalau ia mengandung Zinc Oxide atau Titanium Oxide – atau keduanya, bisa dipastikan itu physical sunscreen.

Bagaimana dengan chemical sunscreen? Biasanya dia tidak mengandung kedua bahan itu, hehe. Ia menggunakan Ethylhexyl methoxycinnamate sebagai pelindungnya. Sunscreen ini memang lebih ringan daripada yang fisika, cocok untuk kulit berminyak dan tidak menimbulkan white cast. Biasanya sunscreen jenis ini juga mengandung alcohol sebagi top ingredient list-nya, mangkanya dia bisa cepat menyerap. Bagi kamu yang sensitif terhadap alkohol, hindari memakai sunscreen jenis ini.

Selanjutnya, gimana caranya mengetahui ‘kekuatan’ sunscreen itu sendiri? Apa parameternya? Berapa lama ia bisa melindungi kita? Nah, selengkapnya bisa dibaca di sini, sudah dijelaskan dengan lengkap apa itu SPF, PA, UVA, UVB, dan sebagainya.

Okay, back to the review! Sebenarnya cuma satu alasan aku memilih Biore sebagai sunscreen pertama aku, because so many people raved about this product! Nggak tahan, kan, kalau nggak coba. Akhirnya aku beli online di Lazada. Cepet banget datengnya, order hari Rabu, Jumat-nya udah dateng. Bisa COD pula.


Di lihat dari komposisinya, Biore ini termasuk sunscreen kimia. Untuk lengkapnya bisa dilihat analisisnya di sini.

Penampilannya simpel, dominan biru dengan warna putih sebagai tutupnya. Ukurannya juga kecil dan sangat travel friendly.


Seperti namanya yang mengusung konsep Watery Essence, teksturnya ringan banget. Sangat mudah diaplikasikan, nggak lengket sama sekali, dan cepat menyerapnya. Menurut aku yang kulitnya tipe kombinasi cenderung berminyak, sunscreen ini bisa membuat wajah jadi matte selama 6 jam tanpa menggunakan apapun setelahnya. Kalau mau menggunakan make up, sangat bisa karena dia menyiapkan tekstur yang smooth untuk wajah kamu.

Sunscreen ini bisa digunakan untuk wajah dan juga tubuh. Wanginya sarat alkohol agak seperti jeruk kalau menurutku. Kalau kamu nggak suka wewangian, mungkin ini harus dipertimbangkan karena wanginya bertahan cukup lama.

Oh ya, kalau kamu terpapar sinar matahari secara konstan, wajib reapply setelah dua jam.

Plus:

  1. Harganya murah, berkisar 89-97 ribu rupiah, tergantung olshopnya.
  2. Tekstur ringan banget dan cepat menyerap.
  3. Tidak menimbulkan white cast.
  4. Tidak menyebabkan wajah berminyak.
  5. Perlindungannya oke, dengan SPF 50+ dan PA++++.

Minus:

  1. Kandungan alkoholnya cukup tinggi.
  2. Wanginya agak menggaggu.
  3. Jarang ditemukan di toko-toko, belinya biasanya on line.

Will I repurchase? Yes! Overall, aku suka sama sunscreen ini. Tapi aku mau mencoba sunscreen dari COSRX dan DEAR KLAIRS juga, karena aku memang lebih condong ke suncreen fisika. Selamat menentukan pilihan!

Advertisements