Yakin Mau Masuk MHT?

PPDB SMANU M.H. Thamrin sudah dibukaa! Nggak nyangka yang daftar jauh lebih banyak dari tahun gue kemarin. Harusnya sih tanggal 3 Maret udah ditutup. Tapi karena suatu hal, pendaftarannya diperpanjang. Nah, buat yang udah lolos seleksi berkas, bersiaplah menghadapi tes TPA yang super sekali HAHAHA. Ya kali aja ada di antara kalian yang baca post ini. Hehehe… Gue mau kasih beberapa tips. Nggak dijamin juga sih kalian bakal lolos secara yang diambil cuma 80 orang. Tapi hal-hal di bawah ini yang gue pelajarin dari tes kemarin and I’ll definitely do this kalo gue tau sesusah apa soalnya.

Jadi, soal Tes Potensi Akademik itu ada 4 pelajaran, Matematika, Fisika, Biologi, dan Bahasa Inggris. Tahun kemarin tesnya dimulai dari pukul 8 pagi sampe pukul 3 sore. Capek banget ya? Huft…

Untuk matematika, waspadalah, soalnya JAUH beda dari soal-soal UN. Apalagi UAS atau UTS. Waktu tes gue bingung ini soal apaan. Tapi setelah masuk dan ketemu lagi soal-soal macam begitu, gue jadi tau ini tuh banyak ngambil dari soal Singapore Mathematics Olympiad yang kategori Junior. Lo nggak butuh rumus buat ngerjain itu semua. Tapi kemampuan matematika dasar lo yang bakal diuji. Yang niat, coba deh cari soalnya di Google. Terus pelajarin selama masih ada waktu.

Buat fisika, sebenernya nggak terlalu bikin pusing. Susah sih, tapi masih bisa dicari jawabannya. Masih materi SMP, kok. Tapi, minta aja sama guru les atau di sekolah soal-soal fisika SMP yang lebih menantang hehe. Yah, macam soal MGMP gitulah.

Nah, biologi ini. Soalnya ada 50. Dan materinya yang pasti asing banget bagi kalian, DNA! Wuhuu! Jujur aja gue blank sama sekali ngerjain bio. Gue nggak habis pikir, tes masuk SMA soalnya kelas 12? Tapi kalo lo mau, pelajarin Substansi Genetika, Sintesis Protein, Reproduksi Sel, dan Fenotipe Rekombinan. Semuanya ada di buku kelas 12.

Kalo bahasa inggris, biasa sih soalnya. Ada grammar macem-macem, vocab, sama reading. Menurut gue ini tes tergampang diantara keempat pelajaran itu. Cuma ya harus teliti. Text nya panjang, terus vocabnya juga banyak yang asing jadi banyak-banyak baca text berbahasa inggris dari sekarang.

Oke deh. Segitu aja. Semoga membantu ya. Yang jelas, faktor luck berpengaruh juga sih, hehehe. You need tons of luck. Banyak berdoa. Kalau memang jalan lo di MHT, dia nggak bakal kemana-mana kok 😀

Advertisements

9 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s